TOKYO-Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jepang menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) di Masjid Indonesia Tokyo, Ahad (2/10/2022). Permusyawaratan tertinggi tingkat cabang istimewa itu menetapkan Ridwan Wicaksono, S.T., M.Eng., Ph.D. sebagai ketua terpilih PCIM periode 2022–2024.

Selain dihadiri warga Muhammadiyah di Negeri Sakura, Muscab yang baru pertama kali diselenggarakan secara hybrid itu juga diisi sambutan dari perwakilan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang. Tercatat sekitar 30 peserta turut hadir, baik secara daring maupun luring, dalam acara tersebut.

Dalam sambutan penutup Muscab, Sekretaris LHKI PP Muhammadiyah, Wachid Ridwan, berharap agar pergantian kepengurusan ini tetap mempertahankan kontinuitas dari apa yang dihasilkan pengurus sebelumnya. Selain itu, kepengurusan berikutnya diharapkan senantiasa memperhatikan tiga hal dalam menjalankan roda organisasi.

“Pertama, pahami dan implementasikan nilai organisasi secara benar. Kedua, tingkatkan terus kualitas sumber daya manusia. Ketiga, agar nilai organisasi dan manusia dalam organisasi dapat terus bersinergi, hendaknya terus dibangun sistem keorganisasian yang baik,” ungkapnya di hadapan hadirin Muscab PCIM Jepang 2022.

Peserta Musyawarah Cabang Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jepang berfoto bersama di Masjid Indonesia Tokyo, Ahad (2/10/2022). Muscab yang berlangsung selama tiga jam tersebut menetapkan Ridwan Wicaksono, S.T., M. Eng., Ph.D. sebagai ketua terpilih PCIM Jepang periode 2022–2024.
Anggota formatur terpilih yang berjumlah 15 orang tengah bermusyawarah secara hybrid untuk memilih Ketua PCIM Jepang, Ahad (2/10/2022). Musyawarah yang berlangsung secara efektif-efisien selama 20 menit itu menetapkan Ridwan Wicaksono sebagai Ketua PCIM Jepang periode 2022–2024.
Ketua PCIM Jepang Demisioner (Red.) 2020–2022, M. Firdaus, tengah menyampaikan pertanggungjawaban program kerja organisasi dalam Musyawarah Cabang PCIM Jepang di Masjid Indonesia Tokyo, Ahad (2/10/2022). Tiga program besar dalam kepengurusannya adalah pemetaan kader Muhammadiyah di Jepang, penguatan ideologi Muhammadiyah, dan syiar Muhammadiyah di Jepang.
Kader Aisyiah (Red.) Muhammadiyah di Jepang tengah menyiapkan hidangan santap siang bagi peserta Musyawarah Cabang PCIM Jepang di Masjid Indonesia Tokyo, Ahad (2/10/2022). Mereka adalah mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di Jepang dan para profesional yang berkarier di Negeri Sakura.
Hadirin peserta Musyawarah Cabang (Muscab) PCIM Jepang dan jamaah sholat dzuhur tengah menyantap hidangan santap siang di Masjid Indonesia Tokyo, Ahad (2/10/2022). Sebanyak 30 orang, baik peserta luring maupun daring via Zoom, tercatat menghadiri Muscab PCIM Jepang 2022.
Warga Muhammadiyah di Jepang berfoto bersama di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) usai menghadiri Musyawarah Cabang PCIM Jepang, Ahad (2/10/2022). Mereka berasal dari berbagai kalangan, di antaranya berlatar belakang mahasiswa dan pekerja profesional.

(Asep Wijaya)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *