Silaturahmi Pencak Silat Jepang diadakan kembali pada 28 Agustus 2022 di Balai Sekolah Republik Indonesia Tokyo. Acara tersebut dihadiri oleh 89 orang dari 11 perguruan pencak silat yaitu PSHT (30 orang), IKS. PI KERA SAKTI (20 orang), Panca Sakti (2 orang), Pagar Nusa (15 orang), Perisai Diri (3 orang), Persinas Asad (2 orang), PSHW TM (7 orang), PPS Betako MP (2 orang), Tapak suci (5 orang), Syahbandar Karimadi (2 orang), dan Panglipur (1 orang)

Kegiatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah cabang Jepang (Tapak Suci Jepang) diinisiasi kembali setelah vakum  lebih dari 1 tahun. Dalam rangka memenuhi undangan dari KBRI Tokyo, perwakilan tapak suci jepang yang ada di wilayah kanto  menghadiri acara Silaturahmi Pencak Silat Indonesia di Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) hari Ahad, 28 Agustus 2022

Acara ini adalah salah satu tindak lanjut dari pertemuan tim formatur ikatan pencak silat indonesia jepang (IPSI Jepang) di Wisma Kedubes di Meguro Tokyo, 14 November 2021, di mana Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Jepang (PCIM Jepang) mengirim Ridwan Wicaksono sebagai (31), Rijal (26), Almuzammil (29), Rama (17), dan Fahrul (11) untuk dapat menampilkan jurus dasar tapak suci, atraksi seni, dan ikut berpartisipasi dalam pertandingan persahabatan.

Selain kegiatan tersebut, terdapat pesan dari bapak dubes jepang dan mikronesia, bapak Heri Akhmadi, agar kegiatan pencak silat dihidupkan di Jepang dan dimusyawarahkan pekan pertandingan persahabatan setiap tahunnya, bekerja sama dengan asosiasi seni pencak silat Jepang (JAPSA).

Dalam silaturahim tersebut, Rijal Maula, kader tapak suci yang sudah berpengalaman dalam pertandingan dan seni tapak suci di Indonesia, mengusulkan agar dibentuk organisasi pencak silat di Jepang di bawah naungan IPSI dengan perwakilan masing-masing perguruan pencak silat. Selain itu, tim formatur IPSI Jepang berharap agar organisasi pencak silat di Jepang lebih flexible, “guyub”, serta tidak jauh dari sistem dan budaya pencak silat yang ada di indonesia.

Saat ini Tapak suci jepang masih dalam tahap merintis, di mana sebelumnya terdapat komunitas tapak suci di kota Hiroshima yang dikoordinatori oleh Tarmizi (50).Kendala yang dihadapi tapak suci jepang antara lain adalah jarak tempat tinggal kader tapak suci yang berjauhan, serta banyak kader yang pulang ke indonesia.

Alhamdulillah salah satu manfaat silaturahim ini, tapak suci jepang semakin percaya diri untuk mempromosikan tapak suci jepang baik untuk warga negara indonesia di Jepang atau untuk warga asli Jepang, serta akan dirancang agenda latihan tapak suci di Tokyo Jepang, setidaknya sebulan sekali.

(Ridwan Wicaksono)

By admin

One thought on “Tapak Suci Putera Muhammadiyah cabang Jepang (Tapak Suci Jepang) Aktif kembali Setelah Satu Tahun Vakum”
  1. Assalamu’alaikum Wr Wb Salam Tapak Suci, Saya Pendekar Muda Akhmad Radhiansyah dari PERWIL XXIX Singapura turut berbangga dengan kembali aktifnya Tapak Suci disana, ditambah lagi Bapak Duta Besar kita merupakan salah satu Anggota Perguruan. Mudah mudahan saya bisa mampir kesana dan berlatih bersama, kiri salam untuk Ibu Kyoko Soda (JPSA) yang pernah beberapa hari tinggal dirumah saya untuk mengenal Tapak Suci. Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *