TOKYO, JEPANG. Pimpinan Cabang Istimewa MuhammadiyahJepang belum lama ini menyambut kedatangan rombongan dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang hendak melakukan pengabdian masyarakat di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Kunjungan sekaligus pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari 27 November 2023 hingga 1 Desember 2023.

PCIM Jepang tidak hanya melakukan penyambutan, namun juga turut andil membantu proses pengabdian dosen UAD. Sebelum keberangkatan rombongan dosen UAD ke Tokyo, PCIM Jepang membantu menyambungkan pihak UAD dengan SRIT dan beberapa rapat koordinasi sebelum terlaksananya kunjungan. Sebelum kunjungan, koordinasi melalui zoom meeting untuk mendiskusikan mekanisme kegiatan pengabdian di SRIT dan juga rencana detail kegiatan selama di Tokyo. Sesampainya rombongan di Tokyo, perwakilan PCIM Jepang membantu penjemputan dari Bandara Narita menuju hotel di Meguru.

Selama pelaksanaan pengabdian di SRIT, rombongan dosen UAD melakukan diskusi terkait evaluasi dan rencana tindak lanjut Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pihak UAD juga membagikan ilmu terkait pengembangan media pembelajaran dengan teknologi Extended Reality (XR) yang diawali dengan pelatihan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Tak sampai di situ, seusai pelatihan, rombongan dosen UAD berkeliling SRIT dengan didampingi oleh Ibu Ari Triani selaku Kepala Sekolah SRIT. Pada kesempatan ini, Ibu Ari Triani menceritakan perkembangan murid SRIT yang terus meningkat setiap tahunnya baik dari segi kuantitas maupun pendidikan agamanya.

Di hari ketiga kunjungan, perwakilan dari PCIM Jepang mengajak dosen-dosen UAD yang sedang berkunjung untuk berkeliling kota Tokyo. Beberapa tempat yang dikunjungi pada kesempatan kali ini antara lain Masjid Camii, Patung Liberty Odaiba, dan Tokyo Imperial Palace atau Istana Kekaisaran Jepang.

Pada hari keempat kunjungan yang bertepatan dengan hari Jum’at, perwakilan dari PCIM Jepang melakukan pertemuan di Masjid Nishi-Chiba atau yang dikenal sebagai CICC (Chiba Islamic Cultural Center). Sebelum pelaksanaan salat jum’at, rombongan UAD dan perwakilan PCIM Jepang sempat bertemu dengan Ustadz Sugimoto Sensei yang merupakan Orang Jepang muslim yang aktif berdakwah di Jepang. Melalui pertemuan ini Ustadz Sugimoto Sensei menceritakan pengalaman terkait beberapa kunjungan beliau ke Indonesia seperti ketika mengunjungi Masjid Kauman, Masjid Jogokariyan, bertemu Ustadz Salim Fillah, dan juga mendatangi beberapa undangan podcast para aktifis muslim.

Kunjungan dosen UAD ke SRIT dan PCIM Jepang tidak hanya menjadi momen yang mengesankan dalam mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang, tetapi juga membawa pulang pengalaman yang sangat berharga. Selama kunjungan, dosen-dosen UAD juga memperoleh kesempatan untuk melihat secara langsung kondisi Jepang yang telah berkembang secara mapan.

Setelah kembali ke Indonesia, pihak UAD menindaklanjuti kunjungan ini dengan merencanakan MoU dengan SRIT. Selain itu, pihak UAD juga berharap di tahun-tahun selanjutnya dapat meningkatkan kerjasama di bidang lain dengan PCIM Jepang.

Oleh: Wihdatun Na’im

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *