1. Muhammadiyah Memiliki Lembaga Resmi
Muhammadiyah adalah organasasi gerakan islam amar ma’ruf nahi munkar, yang juga menunjung tinggi nilai kemanusiaan. Berbagai gerakan mitigasi bencana serta wakaf secara produktif dan akuntabel telah dilaksanakan secara nyata. LAZIZMU adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya. Saat ini LAZIZMU mempunyai kantor layanan dari berbagai cabang Muhammadiyah di luar negeri. Didirikan oleh PP. Muhammadiyah pada tahun 2002, selanjutnya dikukuhkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional melalui SK No. 457/21 November 2002. Dengan telah berlakunya Undang-undang Zakat nomor 23 tahun 2011, Peraturan Pemerintah nomor 14 tahun 2014, dan Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia nomor 333 tahun 2015. LAZISMU sebagai lembaga amil zakat nasional telah dikukuhkan kembali melalui SK Mentri Agama Republik Indonesia nomor 730 tahun 2016.

2. Laporan pertanggungjawaban donasi dapat diakses secara terbuka
Muhammadiyah berusaha melayani masyarakat dengan sepatut-patutnya dengan memberikan laporan secara berkala kepada masyarakat yang dapat diakses secara online. LAZISMU bertahun-tahun meraih BAZNAS award yang menunjukkan profesionalitas pengelolaan donasi, bukan untuk kepentingan pribadi-pribadi tertentu. Amanah tertunaikan dengan baik sesuai dengan aturan Badan Amil Zakat Nasional, yang tentu sesuai dengan tuntunan agama islam dan jauh dari penyelewengan dana, apalagi kepentingan partai politik. Info lengkap tentang laporan donasi dari tahun ke tahun dapat diakses di www.lazismu.org

3. Manajemen ZIS dan Penanganan Bencana Yang Kredibel
Khusus dalam hal penanggulangan bencana, Muhammadiyah memiliki lembaga tersendiri sebagai bagian dari nafas pergerakan Muhammadiyah. Komitmen ini telah diwujudkan baik dalam norma organisasi maupun dalam wujud nyata gerakan dengan berbagai karya inovatifnya sebagai pengusung gerakan Islam Berkemajuan. Berdirinya Majelis Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO) yang saat ini berdiri berbagai rumah sakit dan klinik Muhammadiyah, kemudian melahirkan berbagai varian aktualisasi ajaran Islam yang terus mengusahakan amalan terbaiknya dalam pemecahkan masalah kemanusiaan. Salah satu variannya berupa amal nyata dalam bidang penanggulangan bencana yang mewujud dalam bentuk Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah atau disebut juga Muhammadiyah Disaster Management Center dengan singkatan MDMC. Berbagai relawan Muhammadiyah bekerja keras tanpa publikasi atau pencitraan diri, sehingga yang dikenal adalah karya nyatanya. Disamping itu, semua wakaf teradministrasi dengan jelas dan legal secara hukum, sehingga Muhammadiyah berkomitmen menjaga amanah warga agar pahala jariyah senantiasa didapatkan.

4. Masyarakat merasakan betul dampak donasi
Muhammadiyah berkerja hingga tuntas dalam memberikan dampak positif kepada korban bencana, sehingga masyarakat merasakan betul manfaat dan berkahnya donasi secara berkelanjutan. Berbagai rumah hunian sementara, operasi SAR, distribusi bantuan, layanan kesehatan, serta berbagai progam pelatihan dan pemberdayaan merupakan bukti bahwa muhammadiyah tidak sekedar datang-bawa spanduk-berfoto di lokasi bencana. Selain itu, Muhammadiyah bekerja pada misi internasional dalam bendera Muhammadiyah Aid, menjadi bagian dari Muhammadiyah Covid-19 Command Center, anggota Humanitarian Forum Indonesia (HFI), anggota Platform Nasional PRB, dan anggota Konsorsium Pendidikan Bencana (KPB). Update berita tentang dokumentasi Donasi warga juga dapat di akses di website www.mdmc.or.id. Muhammadiyah bekerja dengan mengandalkan sistem yang jelas, bukan mengandalkan pengaruh keunggulan identitas personal, agar kebermanfaatan kepada masyarakat berlangsung terus-menerus meskipun pengurus yang bergerak saat ini sudah tiada.

Peduli Gempa Cianjur bersama PCIM Jepang

Pada Senin, 21 November 2022 gempa 6.5 SR mengguncang Cianjur dan sekitarnya. Gempa ini menimbulkan korban jiwa, luka, kerusakan rumah yang menyebabkan ribuan orang mengungsi serta kerusakan fasilitas umum. Saat ini, 30 November 2022, gerakan penanggulangan bencana MDMC melakukan berbagai aspek bantuan kepada lebih dari 2000 penyitas gempa cianjur. Informasi pengumpulan donasi terupdate LAZIZMU pusat dapat di akses di www.lazismu.org/indonesia-siaga

Kami dari PCIM Jepang melalui LAZISMU mengajak Bapak/Ibu dan rekan sekalian untuk menyalurkan donasi melalui rekening

πŸ’³ 10140-71019711 a.n. PCIM Jepang

❗ Tambahkan 6 di nilai transfer❗
misal : 1006

Konfirmasi donasi dengan menghubungi
πŸ‘³πŸ»β€β™‚οΈ Miftah ( wa.me/817040785809 )
πŸ‘³πŸ»β€β™‚οΈ Doni ( wa.me/818023554637

Semoga bantuan yang ada meringankan beban saudara kita di Cianjur.
Fastabiqul khaiirat! Mari berlomba dalam kebaikan!

PCIM Jepang 2022-2024
FB/IG/Twitter : @PCIMJepang
YouTube : Muhammadiyah Jepang
Website : muhammadiyahjapan.org

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *